MENGGIATKAN MEMBACA DAN MENULIS PADA SI KECIL

PPDB PEDULI COVID-19 SDIT AL-KAHFI TP. 2021/2022
April 29, 2021
SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2 MEI 2021
May 3, 2021

MENGGIATKAN MEMBACA DAN MENULIS PADA SI KECIL

Oleh : Bpk. Firman Ardiansyah – Guru Mapel Tahsin/Tahfizh SDIT AL-KAHFI
Jum’at, 30 April 2021

Bismillahirrohmaanirrahiim

Saat sang buah hati sudah memasuki usia sekolah, sebagai orang tua harus dapat memikirkan secara serius bagaimana caranya supaya sang buah hati terbiasa melakukan kegiatan baca dan tulis dengan tidak disertai tekanan dan pengaruh buruk di sekitarnya.

Seperti yang sudah kita ketahui, ada banyak sekali manfaat membaca dan menulis. Oleh karena itu orang tua harus mengajarkannya sedini mungkin.

Banyak jalan terbaik dan mudah supaya si buah hati mempunyai daya tarik dalam hal menulis maupun membaca. Selain dapat mendukung dalam hal pelajaran di sekolah, ternyata aktivitas membaca maupun menulis pun menyimpan beragam manfaat, sebagaimana dipaparkan seperti di bawah ini:

1. Kegiatan Membaca Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak pada Anak.

Semakin banyak membaca, pastinya semakin banyak informasi yang diperoleh anak. Secara tidak langsung, hal ini membantu anak agar mempunyai kemampuan dalam memahami sesuatu dengan cepat. Hal ini bisa dilakukan ketika anak berusia 6 tahun pertama.

Momen inilah yang disebut sebagai masa usia emas. Ketika si kecil diberikan pendidikan membaca, maka hubungan antar sel pada otaknya bisa menjadi lebih kuat. Sehingga mampu membuat banyak hubungan segar agar cara mencari ilmu dan mempelajarinya bagi si anak dapat memberikan perkembangan kecerdasan di otaknya akan bagus. Kegiatan baca mempunyai efek luar biasa terhadap semua peran organ otaknya.

2. Resep Keberhasilan di Bidang Pendidikan di Sekolah.

Rutinitas baca menjadi kunci sukses akademik pada saat sang buah hati mulai menempuh ilmu baca pada usia yang muda. Hal inilah yang membuat si kecil lebih banyak informasi dan pengetahuan, menambah kualitas potensi tulis menulis, memperkaya perbendaharaan kata, sekaligus melakukan kontak bicara secara baik dan lancar.

3. Kegiatan Tulis Bisa Membangun Hubungan pada Organ Otak.

Saat anak menorehkan tulisan memakai anggota jari dan tangannya, maka secara tidak langsung bisa membentuk relasi dalam organ pikir sang buah hati. Meskipun pada masa sekarang, menulis pakai tangan sudah jarang dilakukan. Namun kegiatan tulis menulis memakai jari jemari dan tangan tetaplah harus dilatih. Hal ini bisa memberi pelajaran pergerakan kecil pada si kecil. Dengan demikian maka otot tetap bisa terlatih agar bisa beraktivitas hal lainnya. Sebab itulah manfaat membaca dan menulis ini wajib diketahui para orangtua.

4. Lebih Mudah serta Lekas Mengetahui Abjad.

Mengajarkan sang buah hati dalam hal menulis lebih dini bisa membuat anak mudah dalam mengetahui abjad serta segera menghafalkannya. Sehingga kemampuan mengucapkan lebih cepat. Alasannya karena semakin banyak menulis, maka sang buah hati pasti makin mudah dalam menghasilkan ide-idenya.

Pada saat mengarang, tersimpan dalam ingatannya. Jika dikomparasi bersama mengetik memakai laptop, ternyata tulis menulis memakai tangannya lebih mudah dan lama tersimpan di dalam memori anak. Hal ini dikarenakan pada saat menulis maka anak akan melakukan pengolahan diri secara efektif dan aktif. Sehingga mampu memberikan pemahaman yang jauh lebih mendalam dibandingkan dengan mengetik.

Wallahu ta’ala a’lam bishawab
Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan PPDB SDIT AL-KAHFI TP. 2021/2022 peduli covid-19 cashback sebesar 7,5 jt rupiah !!
Jadilah bagian dari Keluarga Besar Generasi Islami SDIT AL-KAHFI JAKARTA😍QUOTA TERBATAS LHOO!!🤩Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi: Call Center: 021-8410 448Whatsapp: 0857 8221 3911

Penulis: Bpk. Firman Ardiansyah – Guru Mapel Tahsin/Tahfizh SDIT AL-KAHFI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *